Cara Reset Password Akun PTK Simpatika

Bagaimanakah jika PTK lupa password untuk login ke akun simpatikanya?Simpatika Kemenag telah menyediakan fitur untuk reset password untuk login akun PTK di Simpatika. Proses Reset Password Akun PTK Simpatika hanya dapat dilakukan oleh Admin Simpatika Madrasah atau juga dapat dilakukan oleh Kepala Madrasah.

Apabila PTK yang telah memiliki akun Simpatika lupa Password untuk login ke akun Simpatikanya, PTK yang bersangkutan dapat meminta kepada Operator Madrasah Satminkal PTK yang bersangkutan untuk melakukan reset password terhadap akun Simpatika.

Akun PTK merupakan akun simpatika yang diberikan kepada guru (PTK) untuk dikelola secara mandiri oleh pemilik akun tersebut. Di dalam akun PTK terdapat beberapa data yang tiap awal semester wajib dikelola yakni seperti keaktifan PTK, SKMT, dan lain sebagainya.

Cara Reset Password Akun PTK Simpatika

Didalam akun PTK juga terdapat informasi diri seperti Biodata diri, Keluarga, Riwayat Pendidikan, Karir, Diklat dan Sertifikasi, Pengawas Pembina, Diklat. tunjangan, dan lain sebagainya. Yang mana seluruh data tersebut wajib dilakukan pemutakhiran data jika terdapat pembaharuan data pada PTK.


Oleh karena itu, akun PTK ini sangat penting sehingga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya adalah lupa password akun PTK. Karena isi data pada akun PTK menjadi tanggung jawab PTK secara pribadi, buka madrasah apalagi Operator madrasah.
 

Cara Reset Password Akun PTK Simpatika


Untuk dapat melakukan reset Password PTK oleh Admin Simpatika Madrasah, ikuti langkah-langkah berikut;

  1. Login sebagai Operator/Kepala Madrasah di Simpatika Kemenag
    Cara Reset Password Akun PTK Simpatika
    Halaman Login
  2. Selanjutnya silahkan Pilih menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK >> Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
    Cara Reset Password Akun PTK Simpatika
    Pilih Menu PTK Simpatika
  3. Pada daftar PTK, silahkan pilih PTK yang akan direset Passwordnya, klik Segitiga terbalik pada pojok kanan PTK dan pilih Reset Password.
    Cara Reset Password Akun PTK Simpatika
    Lakukan Reset Password Simpatika
  4. Cetak Surat Pemberitahuan Reset Password.
    Cara Reset Password Akun PTK Simpatika
    Surat Reset Password akun PTK Simpatika

Baca Juga: 6 Langkah setelah Verval Keaktifkan Kolektif (S25a)

Sebagai catatan apabila PTK sebelumnya telah mendaftarkan email alternatif untuk Akun Simpatikanya, maka proses reset/rubah Password login akunnya dapat menggunakan email alternatif untuk reset/merubah password. Nah, selengkpanya tentang langkah merubah password akun PTK menggunakan email alternatif silahkan baca disini: Reset Password PTK oleh PTK Menggunakan Email Alternatif.

Demikian informasi tentang Cara Reset Password Akun PTK Simpatika, Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat membantu PTK yang mengalami lupa Password.
Kami_Madrasah