Panduan Penilaian K13 SMP/MTs SMA/MA SMK Revisi

Paduan Penilaian Kurikulum 2013 (K13) SMP SMA dan SMK Revisi merupakan panduan penilaian ini yang mencakup konsep penilaian, penilaian oleh pendidik, dan penilaian oleh satuan pendidikan. Penilaian oleh guru meliputi 3 aspek penilaian yakni sikap (afektif), pengetahuan (koginitif), dan keterampilan (psikomotorik).


Lingkup penilaian hasil belajar murid oleh sekolah/madrasah mencakup 2 (dua) aspek penilaian yakni pengetahuan (kognitif) dan aspek keterampilan (psikomotorik), sedangkan untuk penilaian dilakukan oleh guru dan dilaporkan oleh sekolah/madrasah.

Penilaian K13 SMP/MTs SMA/MA SMK Revisi

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar murid yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan (remedial) atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pembelajaran, serta untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi yang meliputi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI).

Baca Juga: Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika K13 SD/MI

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu standar nasional pendidikan (SNP) yang harus dilaksanakan di sekolah/madrasah dalam rangka memenuhi standar yang telah ditetapkan melalui regulasi/aturan-aturan yang ada sebagai laporan perkembangan belajar murid kepada orangtua.

Baca Juga: Unduh Lengkap Buku Guru dan Siswa K13 SD/MI Edisi Revisi

Jika pada Tahun sebelumnya, untuk melaksanakan penilaian hasil belajar murid menggunakan Ujian Nasional (UN), kina kebijakan tersebut telah dihapus, sementara tugas dan fungsi UN sebagai pemetaan mutu pendidikan secara nasional, kini telah digantikan dengan Asesmen Nasional (AN) yang meliputi 3 asesmen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Lingkungan Belajar, dan Survey Karakter.

Panduan penilaian kurikulum 2013 ini memfasilitasi guru dan sekolah/madrasah berkaitan dengan hal-hal berikut:
  • Perencanaan, pengembangan instrumen, dan pelaksanaan penilaian hasil belajar murid;
  • Analisis dan penyusunan laporan penilaian;
  • Menerapkan program perbaikan bagi murid yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan program pengayaan bagi murid yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum; dan
  • Pelaksanaan supervisi penilaian hasil belajar.

Download Panduan Penilaian K13 SMP/MTs SMA/MA dan SMK Revisi


Berikut adalah Panduan Penilaian K13 SMP/MTs SMA/MA dan SMK Revisi yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini;

  • Panduan Penilaian K13 SMP/MTs Revisi Unduh
  • Panduan Penilaian K13 SMA/MA Revisi Unduh
  • Panduan Penilaian K13 SMK/MAK Revisi Unduh

Panduan ini diperuntukkan terutama bagi Pendidik sebagai pedoman dalam merencanakan, melaksanakan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor.

Demikian informasi tentang Panduan Penilaian K13 SMP/MTs SMA/MA dan SMK Revisi, Semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
Kami_Madrasah