Contoh Program Sukses UN Sekolah/Madrasah

Kami Madrasah - Dalam rangka mensukseskan rangkaian Ujian akhir siswa kelas 9, baik ujian tingkat Madrasah, Kabupaten/Kota dan Nasional, maka diperlukan program yang bertujuan agar peserta didik dapat menghadapi rangkaian kegiatan ujian-ujian tingkat akhir dengan baik, sehingga dapat mencapai target akademik yang diharapkan.

Contoh Program Sukses UN

Berikut adalah contoh uraian program-program yang dapat dilaksanakan dalam rangka mensukses kegiatan UAMBN, USBN dan UN, antara lain adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Kisi-kisi UN dan USBN TP 2017/2018

1. Penyediaan Bahan Pendalaman Materi (Detik-detik UN)

Program ini adalah bentuk dari pengayaan materi yang telah diperoleh siswa selama menempuh proses pembelajaran di MTs Nurul Huda Kasembon. Detik-detik UN merupakan buku yang dilengkapi dengan rangkuman materi mata pelajaran UN beserta latihan soal dan jawabannya.

2. Bedah Kisi-kisi dan SKL UN

Bedah kisi-kisi Ujian Nasional merupakan kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) UN, yang bertujuan untuk mempelajari kisi-kisi yang telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta membuat soal-soal latihan sesuai dengan bidang studi UN.

3. Program Bimbingan Tambahan Belajar (Les)

Kegiatan ini merupakan kegiatan kokurikuler, yang bertujuan memberikan pendalaman materi bidang Studi UN. Diharapkan dengan adanya kegiatan kokurikuler ini, proses belajar siswa dapat dilakukan secara terstruktur dengan pengawasan dari guru bidang Studi UN masing.

4. Sosialisasi UAMBN, USBN dan UN Kepada Orang Tua Siswa

Kegiatan sosialisasi kepada orang tua peserta didik merupakan sebuah bentuk kerjasama yang bertujuan untuk menjalin kerjasama serta komunikasi yang intens antara pihak madrasah dengan orang tua.

5. Doa / Istighosah Bersama Guru dan Siswa

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik secara mental. Sehingga peserta didik tidak hanya siap secara fisik tetapi juga secara psikis.

6. Uji coba (Try Out) dan Pembahasan Soal

Uji coba atau try out terdiri dari beberapa peyeleggara; (1) try out tingkat internal madrasah; (2) Try out Tingkat Kabupaten/Kota; (3) try out tingkat Kanwil. Dari kegiatan ini diharapkan guru serta siswa dapat mengukur kemampuan yang dimiliki serta aspek-aspek materi yang perlu diperdalam yang dapat diketahui dari hasil rangkain try out tersebut.

7. Pemberian Motivasi Kepada Peserta Didik

Pemberian Motivasi ini merupakan rangkaian dari proses menyiapkan peserta didik secara mental (psikis). Dengan motivasi atau dorongan yang lebih, maka diharapkan dapat berdampak pada sikap siswa dalam belajar menghadapi UN.

8. Pengenalan dan Simulasi UBK

Persiapan akhir yang dilakukan oleh Madrasah ialah memberikan pembekalan berupa keterampilan dalam mengoperasikan perangkat hardwer maupun softwer yang terkait erat hubungannya dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Baca Juga:


Program-program diatas merupakan salah satu contoh usaha yang dapat dilakukan oleh Madrasah sebagai bagian dalam menghadapi rangkaian ujian di kelas akhir Madrasah Tsanawiyah. serta program-program tersebut dapat dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) dari kepala Madrasah tentang program tersebut, sehingga dapat dijadikan acuan bagi seluruh civitas Madrasah yang terkait.


Demikian informasi tentang Contoh Program Sukses UN Tahun Pelajaran 2017/2018, semoga ada manfaatnya untuk sobat Kami Madrasah semua.