Cara Sinkron EMIS Madrasah Ke SISPENA Tahun 2018


Kami Madrasah - Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Sistem Akreditasi Tahun 2018 ini dilaksanakan dengan sistem online dan terintegrasi dengan Emis Madrasah. Meskipun sistem seperti ini telah dilaksanakan sejak tahun kemarin yakni tepatnya pada tahun 2017. Namun baru Tahun 2018 ini Sistem Sispena terintegrasi dengan Emis Madrasah, dengan kata lain operator Madrasah harus menyelesaikan update data Madrasah di akun Emis Madrasah masing-masing untuk dapat melengkapi data madrasah di Sispena yang meliputi data Siswa, Mata Pelajaran, Guru Tenaga Pendidik, Sarana, dan Prasarana Madrasah.

Cara Sinkron EMIS Madrasah Ke SISPENA Tahun 2018

Tulisan ini saya buat untuk teman-teman operator yang mengalami kendala saat menarik data dari Sispena ke Emis dengan notifikasi "penarikan data gagal dilakukan", hal tersebut terjadi karena "data yang diinginkan oleh Sispena masih belum terisi". Oleh karenanya tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan apa saja yang harus diisi di Emis Madrasah agar data di muncul di Sispena? Selamat membaca.

Untuk dapat menarik data dari Emis Madrasah ke Sispena, maka operator Madrasah harus mengisi dan melengkapi data pada Emis Madrasah ditiap sub menu yang dibutuhkan oleh Sispena. antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sinkron Item Siswa


Agar data siswa di Sispena Muncul maka data Emis yang harus diisi adalah Menu Data Rombongan Belajar, dengan cara klik menu Kelembagaan > Siswa > Data Rombongan Belajar.

2. Sinkron Item Mata Pelajaran


Untuk menarik data Mata Pelajaran, item Emis Madrasah yang harus dilengkapi adalah Menu Daftar Mapel yang di selenggarakan. untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Kegiatan Belajar Mengajar > Daftar Mapel yang di selenggarakan.

3. Sinkron Item Guru Tenaga Pendidik


Agar data Guru Tenaga Pendidik muncul di Sispena maka data Emis yang harus diisi adalah Menu PTK Profil, dengan cara klik menu PTK Profil > Kemudian aktifkan tiap guru di Tahun Pelajaran berjalan serta lengkapi seluruh isian data guru terutama terkait Mata Pelajan yang di ampu, info sertifikasi, Inpassing, Riwayat Mengajar dan Riwayat Pendidikan.

4. Sinkron Item Sarana


Selanjutnya Untuk menarik data Sarana, menu Emis Madrasah yang harus dilengkapi adalah Menu Rincian Data Ruang. untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Sarana Prasarana > Rincian Data Ruang > Klik Data Detail Barang. Lihat gambar berikut:


5. Sinkron Item Prasarana


Langkah terakhir Agar data Emis Madrasah Sinkron dengan Sispena pada item Prasarana yang harus diisi adalah Menu Rincian Data Ruang. untuk mengisinya masuk ke menu Kelembagaan > Sarana Prasarana > Rincian Data Ruang.

Demikianlah langkah-langkah yang harus dilakukan operator Madrasah agar EMIS Madrasah dapat sinkron ke SISPENA Tahun 2018. Semoga tulisan tentang Cara Sinkron EMIS Madrasah Ke SISPENA Tahun 2018 ini dapat bermanfaat.
Kami_Madrasah